Sabtu, 07 Januari 2017

Daftar Kapal Perang Canggih Buatan Indonesia

Industri maritim nasional di masa Presiden RI Joko Widodo kelihatannya makin bercahaya. Perusahaan galangan kapal nasional sudah sukses berinovasi sampai membuat beragam product yang disenangi konsumen lokal serta luar negeri.

Sebut saja PT PAL Indonesia (Persero), perusahaan galangan kapal plat merah yang mempu tingkatkan kwalitas serta type produknya. Sekarang ini, PAL dapat menghasilkan sebagian type kapal perang.

Bukan sekedar disukai serta dipakai oleh TNI-AL, product kapal perang dari PAL mulai disukai beragam negara. Filipina jadi negara yang memakai kapal perang buatan PAL. Sekarang ini, Malaysia serta Uni Emirat Arab (UEA) juga tengah lakukan finalisasi design untuk ‎memesan kapal yang sama dari PAL.

Baca juga:

Sebagai negara maritim, Indonesia memanglah semestinya meningkatkan industri perkapalan. Geliat industri maritim Indonesia, terutama galangan kapal, juga disukai beragam negara‎.

Lantas apa sajakah type kapal perang yang dapat di produksi Indonesia, terutama oleh PAL? Tersebut daftarnya :

1. Strategic Sealift Vessel (SSV)

SSV adalah type kapal pengembangan dari ‎jenis Loading Basis Dock. Kapal ini mempunyai manfaat sebagai kapal pengangkut personil serta alat tempur, dari mulai truck, tank sampai helikoper.

Sekarang ini TNI-AL memakai sebagian type kapal ini. Bahkan juga di Filipina, kapal produksi PAL jadi kendaraan laut paling besar yang dipunyai militer Filipina. Terkecuali dapat mengangkut banyak pe‎rsonil, SSV buatan PAL juga dikenal telah mengaplikasikan tehnologi yang mutakhir.

Kapal type ini di bandrol sejumlah US$ 90 juta atau setara dengan Rp 1 triliun, bergantung dari spesifikasi tehnis. Kapal itu memiliki ukuran panjang 123 mtr. serta lebar 21, 8 mtr. dan mempunyai kecepatan 16 knot dengan ketahanan berlayar sepanjang 30 hari di laut terlepas.

Perusak Kawal Rudal



2. Perusak Kawal Rudal (PKR)

Kapal PKR adalah kapal perang mutakhir type Frigate Class yang mempunyai panjang 105, 11 mtr. ; lebar 14, 2 mtr. ; kecepatan 28 knot. Kapal ini bisa berlayar hingga 5. 000 nm pada 14 knot serta ketahanan berlayar 20 hari.

Kapal perusak ini mempunyai empat kekuatan tempur yaitu, kekuatan perang antar permukaan. Dengan tembakan torpedo serta rudal, PKR 1 bisa menenggelamkan kapal perang musuh.

Perang di hawa, dengan senjata yang dipunyai bisa menghancurkan jet tempur atau pesawat musuh. Kapal ini dapat digunakan untuk perang bawah laut. Serta yang paling akhir kekuatan perang elektronika.

Dengan perlengkapan elektronika, kapal in dapat membajak atau lakukan jammer pada system persenjataan serta kendali dari kapal perang musuh.

Sekarang ini TNI-AL mempunyai sebagian type PKR, seperti KRI Ahmad Yani serta KRI Slamet Riyadi. Cuma saja kapal-kapal itu buah hasil impor.

PAL, sekarang ini memanglah telah mempunyai kekuatan untuk bikin kapal type ini. Bahkan juga diklaim, mempunyai tehnologi yang sedikit semakin maju dari kapal-kapal yang dimpor TNI-AL dari luar negeri itu.

Kapal Selam

3. Kapal Selam

‎PAL sekarang ini tengah merampungkan pembuatan kapal selam pesanan dari TNI. Pembuatan kapal selam oleh PAL ini adalah hasil hubungan kerja dengan Korea Selatan dalam soal transfer tehnologi. Kapal selam yang di produksi oleh PAL yaitu type Changbogo.

TNI nanti bakal mempunyai 12 kapal selam. Dalam produksinya, 2 kapal selam di produksi di galangan kapal Korea Selatan, sedang 1 kapal selam tengah di produksi di galangan kapal punya PAL. Nanti kapal selam ke 4 sampai ke 12 bakal di produksi sendiri oleh PAL.

Kapal ini di buat untuk mengemban pekerjaan melindungi perairan Indonesia serta keutuhan NKRI dari bawah laut. Kapal selam yang tengah di produksi PAL ini dapat menyelam meraih 400-500 mtr. didalam air serta dibekali rudal yang dapat menembak jarak jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar