Selasa, 03 Januari 2017

Inilah Kapal Perusak Milik Jepang yang Berlabuh di Jakarta

Tiga kapal Pasukan Bela Diri Jepang yang terbagi dalam dua kapal perusak (destroyer) serta satu kapal latih, berlabuh di Jakarta International Container Terminal mulai 22 sampai 25 Februari 2017.

Dalam kunjungan itu, Liputan6. com memiliki kesempatan " mengintip " kapal latih, JS Shimayuki, serta kapal destroyer atau penghancur punya Jepang, JS Asayuki.

Waktu naik ke kapal Shimayuki, beberapa mass media disambut oleh beberapa calon perwira Pasukan Bela Diri Maritim Jepang. Tidak cuma lelaki, ada banyak dari mereka yang perempuan.

Oleh pemandu Open Ship JS Shimayuki, beberapa mass media dipertunjukkan sebagian sarana serta tehnologi yang ada dalam kapal berbobot 3. 050 ton itu.

Walau termasuk training vessel (TV) atau kapal latih, JS Shimayuki juga diperlengkapi dengan senjata. Sebagian salah satunya yaitu ASROC launcher, 324 mm triple torpedo tubes, serta 76mm rapid fire gun.

ASROC (Anti-Submarine ROCket) yaitu perlatan yang meluncurkan misil anti-kapal selam, dimana manfaat itu tidak jauh tidak sama dengan 324 mm triple torpedo tubes. Disamping itu 76mm rapid fire gun adalah senjata untuk menyerang pesawat serta kapal.

Sesudah lihat sebagian senjata di JS Shimayuki, Liputan6. com berserta mass media lain beralih ke kapal destroyer JS Asayuki.

Baca juga:

Senjata di kapal berbobot 3. 050 ton itu tidak jauh tidak sama dengan perlengkapan yang ada di JS Shimayuki. Bedanya, didalam kapal dengan panjang 130 mtr. itu ada helikopter SH-60J.

SH-60J adalah helikopter militer keluaran Mitsubishi bermesin twin turboshift. Helikopter terebut bertugas untuk patroli anti-kapal selam Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.

JS Shimayuki serta JS Asayuki adalah kapal pengawal kapal JS Makinami. Kehadiran ketiga kapal yang membawa 590 awak kapal, dimana 110-nya adalah calon perwira yang baru lulus dari sekolah calon perwira, itu mempunyai tujuan untuk mempererat persahabatan Indonesia dengan Jepang.

Diluar itu, Kesatuan Latihan Laut Samudera Pasukan Bela Diri Maritim Jepang yang dikomandoi oleh Kolonel Laut Masahiko Kawakubo menyampaikan, kunjungan itu berikan peluang pada 110 calon perwira yang baru lulus dari sekolah calon perwira untuk memberi pengetahuan serta ketrampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar