Senin, 09 Januari 2017

Jokowi Pesan 3 Kapal Selam dari Korsel

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pesan 3 kapal selam baru dari Korea Selatan. Kapal selam kelas Changbogo sejumlah US$ 250 juta itu bakal dipakai untuk memberi kemampuan armada laut Indonesia.

Menurut Jokowi, sekarang ini Indonesia serta Korea Selatan sudah mempunyai hubungan kerja pembuatan kapal selam pada perusahaan BUMN pembuat kapal, PT PAL, serta perusahaan pembuat kapal Daewoo Shipbuiliding and Marine Engineering (DSME). Keduanya tengah kerjakan tiga kapal selam kelas Changbogo yang di pesan Pemerintah Indonesia sejumlah 250 juta dolar AS.

DSME bakal jadi tuan tempat tinggal pembangunan 2 kapal selam yang dipesan Jokowi, sedang 1 kapal selam bakal di bangun keduanya di galangan PT PAL di Indonesia.

Baca juga:

Walau pesan 3 kapal selam dari Korea, Jokowi tetaplah menginginkan supaya industri pertahanan juga tetaplah dikuasai Indonesia dengan system transfer tehnologi.  " Jangan pernah kita beli-beli saja, duit kita lari ke negara lain, Indonesia ya beberapa menggunakan, tak menghasilkan, " kata Jokowi di Korea Selatan, Kamis 12 Desember malam.

Karenanya ada transfer tehnologi, sambung Jokowi, jadi Indonesia akan mempunyai kekuatan sama dalam membuat product pertahanan.

 " Kita bukan sekedar kapal selam, namun kapal lain yang diperlukan, namun juga industri pertahanan, hubungan kerja ini mesti transfer tehnologi, sekarang ini kita hubungan kerja untuk kapal selam serta ke depan untuk industri yang lain, " tutur Jokowi.

Waktu di Korsel, Presiden Jokowi mengadakan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Dalam pertemuan itu, Korsel berkemauan untuk jadi besar hubungan kerja industri maritim dengan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar